Negara Maju Di Belahan Bumi Selatan

Negara Maju Di Belahan Bumi Selatan

Negara Maju Di Belahan Bumi Selatan – Ketika kita mempelajari negara maju dan negara berkembang, secara tidak langsung kita mengetahui negara mana yang maju dan mana yang sedang berkembang. Jika kita cermati negara-negara maju, kita melihat sesuatu yang aneh. Apakah mengherankan bahwa sebagian besar negara maju terletak di belahan bumi utara? Kenapa ini? Apakah itu kebetulan? Berikut beberapa penjelasan yang saya kumpulkan dari berbagai sumber, dengan beberapa tambahan dari saya sendiri.

Negara maju adalah sebutan untuk negara yang memiliki taraf hidup yang relatif tinggi berkat teknologi tinggi dan ekonomi yang berkeadilan. Sebagian besar negara dengan PDB per kapita tinggi dianggap sebagai negara maju. Namun, beberapa negara yang telah mencapai PDB melalui ekstraksi sumber daya alam (seperti Nauru melalui penambangan fosfor) tanpa pengembangan industri yang terdiversifikasi dan ekonomi jasa tidak dianggap status “maju”.

Negara Maju Di Belahan Bumi Selatan

Negara Maju Di Belahan Bumi Selatan

Tentu Anda akan bertanya-tanya, apa hubungan antara penutupan negara dengan kemajuan negara? Nah, negara yang dekat dengan garis khatulistiwa otomatis akan memiliki iklim tropis dimana negara tropis memiliki sumber daya alam yang kaya. Hujan dengan intensitas yang cukup membuat tanah menjadi subur dan tanaman tumbuh dengan optimal. Sebagian besar spesies hewan dan tumbuhan hidup di hutan tropis. Hal ini membuat masyarakat negara berkembang bergantung pada alam yang subur untuk mata pencahariannya, sehingga mereka malas.

Ips Kls 9 Bab 1

Lihatlah negara kita, sejak kecil kita diajari bahwa negara kita subur dan makmur, kaya akan sumber daya alam. Misalnya, lagu yang menceritakan betapa suburnya negeri ini, adalah lagu kolam susu.

Ini bukan lautan, itu hanya genangan susu Kait dan tali untuk mendukung Anda, Tidak ada badai atau badai Anda akan bertemu ikan dan udang di jalan Orang bilang tanah kami adalah surga Tongkat dan batu tumbuh. Orang bilang tanah kita surga.

Lagu tersebut menceritakan bahwa lautan kita seperti kolam susu dengan hanya sungai dan jaring, kebutuhan kita sehari-hari terpenuhi, ikan dan udang seolah-olah datang kepada kita tanpa kita mencarinya. Bumi kita seperti bumi surgawi, tongkat kayu bahkan batu pun bisa menjadi tanaman.

Saya tidak menyalahkan lagu ini atau kekayaan alam negara ini. Namun yang terjadi di negeri ini, kita sudah terbiasa dimanjakan dengan melimpahnya sumber daya alam yang ada sebelum kita tidur. Malas bekerja dan berusaha, karena dalam pikiran kita alam telah menyediakan segalanya untuk kita.

Kelas Ix_smp_ips_sanusi Fattah

Di sisi lain, negara-negara yang jauh dari garis khatulistiwa memiliki sumber daya alam yang lebih sedikit, lahan yang kurang produktif, yang memaksa penduduknya untuk bekerja lebih keras dan meningkatkan kualitasnya. Mereka tidak tergantung pada sumber daya alam mereka, sehingga mereka lebih memilih untuk meningkatkan kualitas personel. Mereka berpikir dan mencoba mencari tahu bagaimana mereka bisa bertahan hidup dengan sumber daya alam yang minim untuk menciptakan rasa passion terhadap pekerjaan mereka. Mereka bertanya-tanya bagaimana hidup dengan sumber daya alam yang minim, sehingga negara-negara maju mengandalkan sektor industri dan jasa untuk ekonomi mereka.

Tapi sebelum muncul pertanyaan baru, ada juga negara-negara di selatan bumi yang jauh dari garis khatulistiwa, tapi kenapa tidak bisa maju?

Jika kita perhatikan, sebagian besar bumi berada di belahan bumi utara, sebagian besar negara terletak di belahan bumi utara. Ada lebih sedikit negara di belahan bumi selatan daripada di belahan bumi utara. Dengan jumlah negara yang begitu banyak, wajar jika banyak negara maju di belahan bumi utara. Adapun negara-negara di belahan bumi selatan, hanya beberapa negara maju yang dapat disebutkan namanya, yaitu Australia dan Selandia Baru.

Negara Maju Di Belahan Bumi Selatan

Negara-negara maju di belahan bumi utara menjadi mandiri lebih awal dari negara-negara di belahan bumi selatan. Apakah mereka memindahkan negara di belahan bumi selatan lebih dekat ke khatulistiwa karena kaya akan sumber daya alam? Mengapa mereka menjajah? Pasalnya, pada awalnya mereka tidak memiliki sumber daya alam, sehingga mereka menuntut agar ada sumber daya alam yang kaya di sana. Dengan demikian, negara terjajah makmur dan negara terjajah menderita. Begitu negara-negara jajahan memperoleh kemerdekaan, mereka harus mulai dari nol dan mengejar ketertinggalan dari negara-negara maju. Tetapi ketika negara berkembang maju satu tingkat, negara maju maju 2, 3 atau 4 tingkat.

Apakah Manusia Tinggal Di Belahan Bumi Selatan?

Sebagai bukti poin pertama terkait sumber daya alam negara maju, negara maju berikut tidak memiliki sumber daya alam.

Negara-negara dengan potensi ekonomi tinggi, seperti Jerman, Prancis, dan Inggris, tidak memberikan peluang besar bagi Belgia untuk membangun basis industri yang kuat. Belgia juga merupakan negara dengan sumber daya alam yang minim dan harus mengimpor bahan mentah atau produk setengah jadi yang kemudian diolah untuk diekspor.

Satu-satunya sumber daya alam Belgia adalah batu bara. Dari sisi bahan baku, Belgia sangat bergantung pada impor dari negara lain, sehingga Belgia juga berisiko mengalami kenaikan harga di pasar dan barang dunia. Meskipun demikian, Belgia berhasil masuk ke salah satu negara maju secara ekonomi. Negara ini memproduksi mesin dan peralatan, bahan kimia, berlian yang dipoles, produk logam, dan makanan.

Italia mengimpor 99,7% bahan bakar padat, 92,5% minyak, dan 91,2% gas alam. Fakta ini cukup untuk menunjukkan bagaimana kondisi alam Italia berkembang secara umum. Sumber daya alam Italia memang sangat terbatas, sehingga kebutuhan bahan baku harus bergantung pada impor. Italia bahkan memiliki beberapa gedung bertingkat, seperti yang biasa terjadi di negara maju.

Katalog Geografi: Mengapa Negara Maju Kebanyakan Berada Di Belahan Bumi Utara?

Tapi Italia adalah negara maju dengan ekonomi besar dan bahkan pemimpin di dunia. Negara ini mengekspor produk otomotif, tekstil, pakaian, mobil, kendaraan, peralatan transportasi, bahan kimia, logam mulia, dan komoditas berharga. Italia juga merupakan salah satu negara dengan kekuatan ekonomi yang besar di dunia.

Ada banyak gunung dan gunung berapi di Jepang yang masih aktif. Jepang juga sangat rentan terhadap bencana alam seperti gempa bumi, dll. Dari segi alam, bisa dikatakan bahwa Jepang tidak beruntung. Negara ini memiliki sumber daya alam, tetapi sangat sedikit dan tidak cukup untuk mendukung perkembangan ekonomi negara dan jumlah penduduk negara yang besar. Oleh karena itu, Jepang sangat bergantung pada impor luar negeri untuk kebutuhan bahan bakunya.

Sungguh menakjubkan bahwa terlepas dari masalah seperti itu, Jepang mampu menampilkan dirinya sebagai negara maju dan sangat baik dalam teknologi. Jepang mengirimkan banyak produknya ke berbagai negara, termasuk komputer, mobil, tembaga, besi, semikonduktor, dll. Produk elektronik mereka juga masuk ke rumah miliaran orang di seluruh dunia.

Negara Maju Di Belahan Bumi Selatan

Korea Utara sebenarnya memiliki kekayaan sumber daya alam berupa mineral. Namun, Korea Selatan tidak seberuntung itu. Sumber daya alam Korea Selatan sangat terbatas. Oleh karena itu, seperti Jepang, Korea Selatan sangat bergantung pada bahan impor untuk mendukung industri dalam negeri dan kebutuhan penduduknya yang besar.

Kerjasama Negara Maju Dan Berkembang 2

Pertumbuhan industri Korea Selatan dimulai pada 1960-an. Selain dikenal sebagai negara ginseng, Korea Selatan juga dikenal sebagai pengekspor peralatan komunikasi nirkabel, komputer, baja, kapal, semikonduktor, mobil, petrokimia, dan produk elektronik yang kompleks. Saat ini, Korea Selatan telah menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia.

Dari segi kekayaan alam, bisa dikatakan bahwa Singapura tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan Indonesia. Dari segi luas, Singapura hanya bisa dibandingkan dengan salah satu kota besar di Indonesia. Namun, Indonesia kalah banyak dari Singapura dalam hal pembangunan dan tingkat ekonomi negara.

Singapura tidak memiliki sumber daya alam untuk diandalkan. Bahkan, negara itu bahkan mengimpor air dari Malaysia untuk memenuhi kebutuhan masyarakat setempat. Namun, Singapura telah menjadi negara maju dengan ekonomi maju.

Singapura mengekspor makanan dan minuman, obat-obatan, bahan kimia dan minyak sulingan. Sekitar 48 persen ekspor Singapura merupakan produk olahan yang kemudian dijual (ekspor). Singapura juga menyumbang 10 persen dari produksi semikonduktor dunia.

Belahan Bumi Selatan

Seperti Belgia, Swiss dikelilingi oleh negara-negara industri besar seperti Jerman, Prancis, dan Italia. Intinya Swiss, seperti Belgia, tidak memiliki sumber daya alam yang dapat diandalkan, sehingga sangat bergantung pada impor.

Berkat pemahaman ini, Swiss juga memfokuskan upayanya pada pertanian. Negara ini memiliki prioritas di bidang industri makanan, produksi kebutuhan multinasional (makanan), serta produksi jam tangan mewah. Di antara merek terkenal yang mereka produksi adalah Rolex dan Swatch. Sementara ekspor utama Swiss adalah bahan kimia, mesin, jam tangan, produk pertanian, dan bahan makanan.

Jepang telah menjajah Taiwan selama 50 tahun, dan dalam setengah abad ini, dapat dikatakan bahwa Jepang telah menghabiskan sumber daya alam Taiwan. Ketika Perang Dunia II berakhir, Taiwan menghadapi krisis sumber daya alam, sehingga mereka harus mengimpor bahan baku dari luar negeri. Dengan demikian, hingga 90 persen kebutuhan industri Taiwan dipasok dari luar negeri.

Negara Maju Di Belahan Bumi Selatan

Namun, Taiwan telah berhasil mengatasi keterbatasannya dan menjadi negara maju dengan industri yang berkembang pesat, terutama di bidang semikonduktor. Pada 2010, Taiwan bahkan berhasil menjadi produsen semikonduktor nomor satu dunia, menyalip Jepang yang sebelumnya menduduki posisi teratas industri. Dalam hal ekspor, Taiwan bergantung pada ekspor komputer, elektronik, mesin, tekstil, plastik, semikonduktor, optik, bahan kimia, dan barang lainnya.

Kelas Ix_smp_pkn_i Wayan Legawa

Saya setuju dengan Anda TS, faktor pembatas membuat negara-negara maju lebih aktif dalam inovasi dan keterbatasan ini juga membuat mereka menjajah hingga akhirnya mengarah pada perang dunia yang lagi-lagi karena semua keterbatasan dalam perang ini mendorong negara-negara belahan bumi utara melakukannya untuk mempercepat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (banyak penemuan modern untuk kehidupan sipil muncul dari penerapan ilmu pengetahuan/teknologi untuk perang).

Jadi, sedikit tambahan saudara, kalau mau, menurut saya, ada masalah lain yang membuat Indonesia tidak bisa mengejar negara maju dalam hal industri: kondisi geografis. sayangnya sama

Gambar belahan bumi, pt bumi maju sawit, pembangunan ekonomi di negara maju, belahan bumi selatan, peta negara maju di asia, belahan bumi, negara maju di benua australia, negara maju di amerika selatan, negara maju yang terletak di belahan bumi selatan, letak di belahan bumi samudra pasifik, bumi maju sawit, negara maju di asia selatan


Leave a Reply

Your email address will not be published.